Senin, 01 Juli 2013

IBADAH DAN AMALAN YANG BERMANFAAT BAGI MAYIT (BAG I)

0 komentar
place Google AdSense code here
Sesungguhnya manusia bedasarkan fitrahnya, diciptakan senang memberikan manfaat kepada orang-orang yang telah mati, khususnya lansung begitu mereka meninggal dunia, dengan prasangka dan harapan bahwa amalan yang mereka kerjakan itu bisa memberikan manfaat kepada si mayit ketika didalam kuburan dan setelah dibagkitkan darinya.
   Ketika
kebodohan terhadap agama menyebar dikalangan manusia, maka menyebabkan setiap orang melakukan berbagai amalan ibadah dan ketaatan sekehendaknya, sedangkan dia menganggap bahwa amalan-amalan tersebut bisa memberikan manfaat kepada orang yang telah meniggal dinia.
    Orang yang berbuat semacam itu lupa, bahwa Nabi telah bersabda, sebagaimana disebutkan dalam shohih bukhori dan muslim, dari hadits Aisyah Nabi besabda:

عَنْ أُمِّ الْمُؤْمِنِيْنَ أُمِّ عَبْدِ اللهِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله          
عليه وسلم : مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ  رَدٌّ.[رواه البخاري ومسلم   
وفي رواية لمسلم : مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ                        
Berkata syeikhul Islam Ibnu Tamiyah didalam bukunya yang berjudul “ al-‘Ubudiyah” yang ditahqiq oleh ‘Ali Hasan ‘Ali ‘Abdul Hamid hal (221-222) “ Inti agama ada dua pilar yaitu:
1. kita tidak beribadah kecuali hanya kepada Allah.
2. kita tidak beribadah kecuali dengan apa yang disyari’atkan
Hal yang demikian itu merupakan manifestasi (perwujudan ) dari makna syahadatain

Kosekuensi hadits ini adalah bahwa seseorang tidak boleh menyembah Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya, kecuali dengan apa yang telah disyari’atkan, maka apa artinya menghadiahkan pahala amalannya untuk orang lain yang sudah mati, jika suatu amalan tersebut tidak disyari’atkan.

Ada amalan-amalan yang bisa memberikan manfaat kepada mayit setelah kematiannya, yang amalan itu bukan amalan orang lain, tapi dari perbuatannya sendiri semasa hidupnya didunia maka mengalir untuknya pahala dari amalan tersebut semasa hidupnya dan setelah matinya.

Allah berfirman QS: an-Najam: 39

39. dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya,


Ibadah-ibadah dan ketaatan –ketaatan yang bermanfaat bagi orang yang telah mati, yang berasal dari usaha mereka sendiri:

1.  sedekah jariyah ( sedekah mengalir yang pahalanya mengalir terus)
2.  ilmu yang bermanfaat
3.  anak sholeh yang mendo’akannya

Rasulullah bersabda:

                        إذا مات ابن آدم / الإنسان إنقطع عمله إلامن ثلاثة إلامن صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له (رواه مسلم حديث صحيح عن أبي هريرة)
Dalam riwayat lain:
خير ما يُخلِّف الرجل من بعده ثلاثٌ: ولدٌ صالح يدعوله وصدقة تجري يبلُغُهُ أجرُها وعلمٌ يعمل به من بعده (رواه إبن ماجه عن أبي قتاده)
  Dalam riwayat lain:
 إن مما يلحق المؤمنَ من عمله وحسناته بعد موته علما علمه ونشره وولدا صالحا تركه  ومصحفا ورثه أو مسجدا بناه أو بيتا لابن السبيل بناه أو نهرا أجراه أو صدقةً أخرجها من ماله في صحَّتِهِ وحياته يلحقه من بعدِ موته (رواه إبن ماجه والبيهقي عن أبي هريرة)
1.    Shodaqoh jariyah
Shodaqoh jariyah menurut imam empat mazhab:
1.    Suatu pemberian untuk mencari pahala dari Allah
2.    memberikan shodaqoh yan tidak wajib, dengan cara menguasakan barang tanpa ganti rugi (gratis)
3.    harta yang diberikan dengan mengharap pahala dari Allah.
4.    Harta waqaf, sedangkan pengertian waqaf itu sendiri: apa-apa yang cditahan dijalan Allah.

Kesimpulan, shodaqah jariyah adalah: suatu ketaatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencari wajah Allah, sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah, agar orang-orang umum bisa memanfaatkan sepanjang waktu tertentu. Sehingga pahalanya mengalir baginya sepanjang barang yang dishodaqohkan itu masih ada.

Contoh: 1. kebun kurma yang dishodaqohkan shahabat yang bernama Abu tholhah keika turun firman Allah: Ali Imron:92
92. kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai.



2.    Kebun kurma yang dishodaqohkan oleh bani najjar kepada rasulullah dalam rangka untuk pembangunan masjid diwaktu nabi datang dimadinah.
3.    Sumur ruumah yang dibeli oleh shabat utsman bin affan dan beliau sedekahkan pada waktu kekeringan air.
4.    Tanah/ kebun yang disedekahkan oleh sahabat umar, yang merupakan harta yang paling berharga baginya beliau mensedekahkanya dengan syarat tidak boleh dijual, diberikan, diwaritskan, akan tetapi hasilnya untuk disedekahkan kepada budak, orang miskin, tamu, ibnu sabil (musafir yang kehabisan bekal) serta kepada kerabat Rasulullah.
Dalil-dalinya:
من بنى مسجدا يبتغي بها وجه الله بنى الله مثله في الجنه(رواه البخاري ومسلم عن عثمان ابن عفان)  
من بنى لله مسجدا صغيرا كان أو كبيرا بنى الله له بيتا في الجنه (رواه الترذي عن )
من بنى مسجدا ولو كَمَفْحَصٍ قطاةٍ أو أصغرَ بنى الله له بيتا في الجنة (رواه إبن ماجه عن جابر)

2.    Ilmu yang bermanfaat

إن مما يلحق المؤمنَ من عمله وحسناته بعد موته علما علمه ونشره (رواه إبن ماجه والبيهقي عن أبي هريرة)
من علّم علما فله أجرُ من عمل به لا ينقص من أجرِ العامل (رواه إبن ماجه  عن معاذ بن انس عن أبيه)
معلم الخيرِ يستغفر له كل شيئ حتى الحيتانُ في البحري (رواه البزار عن عائشة )
من دعا إلى هدى كان له مثل الأجر مثل الأجور من تبعه لاينقص ذالك من أجورهم شيئا ومن دعا إلى ضلالةٍ كان عليه من الإثم مثل آثام من تبعه لا ينقص ذالك من آثامهم شيئا (رواه مسلم عن أبي هريرة)

3.    Anak sholeh yang mendo’akan orang tuanya


    Anak termasuk usaha orang tua, sehingga amalan-amalan sholeh yang diamalkan si anak, juga akan menjadikan orang tua mendapatkan pahala amalan tersebut, tanpa mengurangi pahala anak tersebut sedikitpun.

إن أطيب ما أكلتم من كسبكم وإن أولادكم من كسبكم (رواه الترمذي, النسائي, و إبن ماجه عن عائشة)

Hadits diatas mengkhususkan anak yang sholeh dan sudah maklum kedekatan anak yang sholeh dari pada anak yang lainnya kepada Allah.
Anak sholeh yang disebutkan nabi adalah anak yang selalu menjaga hubungan baik kepada Allah, dan ia pun tidak lupa memanjatkan do’a kepada Allah untuk orang tuanya baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Selain itu anak  sholeh yang selalu mengerjakan amalan-amalan sholeh sewaktu orang tunya masih hidup yang dia mempelajari amalan-amalan sholeh tersebut dari keduanya, maka keduanya mendapat pahala amalan dari anak-anaknya.
    Untuk menciptakan Anak yang sholeh, orang tua membutuhkan waktu yang panjang. Mulai mencari dari memilih ibu yang sholehah. Kemudian mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan syari’at. Dengan ini dia menjadi anak yang sholeh, walaupun kedua orang tuannya telah wafat.
    Perlu diketahui juga bahwa kesholehan sholeh orang tua bisa menjadi sarana kebaikan anak, walaupun mereka telah meninggal dunia.

Sebagaimana Allah berfirman:QS. al-kahfi: 82

82. sedang Ayahnya adalah seorang yang saleh,



قال عمر بن عبد العزيز "ما من مؤمنٍ يموت إلا حفظه الله في عقبه وعُقبِ عقبهِ"
قال إبن المنكدر " إن الله ليحفظُ بالرجل الصالح ولده وولد ولَدِهِ

4.    Bersiaga dijalan Allah
           
عن سلمان قال "سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول "رباطُ يومٍ وليلةٍ خير من صيام شهر وقيامه وإن مات فيه جرى عليه عملُه الذي كان يعملُه وأُجْرِيَ عليه رزقُه وأمِنَ الفتّان (رواه مسلم, الترمذي, النسائي)
كل الميت يختم على عمله إلا المرابطَ فإنه يُنْمَي له عملُه إلى يوم القيمه ويؤمَّنُ من فتنة القبرِ (رواه أبوداود, الترمذي عن فُضلة بن عُبيد)
 كل الميت يختم على عمله إلا المرابطَ فإنه يُنْمَي له عملُه إلى يوم القيمه ويؤمَّنُ من فتنة القبرِ (رواه أبوداود, الترمذي عن فُضلة بن عُبيد)
Dan sabda beliau
وأُجْرِيَ عليه رزقُه
Sesuai dengan firman Allah QS. Ali Imron: 169

Barangsiapa yang menggali kubur untuk menguburkan seorang muslim
من غسّل ميتا فكتم عليه غُفر له أربعين مرّةً ومن كفن ميتا كساه الله منَ السندس وإستبرقِ الجنةِ ومن حفر لميتٍ قبرا فأجَنَّهُ فيه أُجْرِيَ له من الأجرِ كأجرِ مسكنٍ أسكنه إلى يوم القيمة (عن أبي رافع)
من غسّل ميتا فكتم عليه غُفر له أربعين كبيرةٍ, ومن حفر لأخيه قبرا حتى يُجِنَّهُ فكأنما أسكنه سكنا حتى يبعث  (رواه الطبرني  عن أبي رافع)

5.    Apabila manusia, hewan atau burung memakan tanaman milik mayit

دخل النبي صلى الله عليه وسلم على أم معبد حائطا فقال يا أم معبد من غرس هذا النخلَ أمسلم أكافرٌ فقالت بل مسلمٌ قال فلا يغرس المسلم غرسا فيأكل منه إنسانٌ ولادآبة ولا طيرٌ إلاّ كان له صدقةً إلى يوم القيمة (رواه مسلم عن جابر)
ما من مسلمٍ يغرس غرسا إلا كان أُ كل منه له صدقةٌ وما سُرِقَ منه إلا له صدقةٌ وما أكل السُبْعُ منه فهو له صدقةٌ وما أكلت الطير فهو له صدقةٌ ولا يَرْزَؤُهُ أحدٌ إلا كان له صدقةٌ (رواه مسلم)
6.    Apabila seseorang melakuan sunnah (jalan/cara/metode/kebiasaan yang baik sebelum meninggal dunia

من سن سنةً حسنةً فعُمِلَ بها بعدهُ كان له أجرُهُ ومثلُ أُجورهم من غيرِ أن ينقص من أُجورهم شئيا ومن سن سنةً سيئةً فعُمِلَ بها بعدهُ كان عليه وِزْرَهُ ومثلُ أوْزَارهم من غيرِ أن ينقص من أوْزَارهم شئيا (رواه إبن ماجه عن أبوجحيفة)
لاتُقْتلُ نفسٌ ظلما إلا كان على ابن آدم الأوَّلِ كِفْلٌ من دمها لأنه أوَّلُ من سَن القتلَ (رواه البخاري ومسلم عن إبن مسعودٍ)

tidaklah ada satu jiwa yang dibunuh secara zholim, kecuali anak adam yang pertama menanggung sebagian dosanya, karena dia adalah orang yang pertama kali melakukan sunnah ( jalan/cara//metoda/kebiasaan) pembunuhan.

من دلّ على خيرٍ فله مثلُ أجرٍ فاعله (رواه مسلم عن أبو مسعود عقبة بن عمر الأنصاري)
من دعا إلى الهدى كان له من الأجرِ مثلُ أُجُور من تَبِعَهُ لا ينقص ذالك من أُجورهم شيئا
ومن دعا إلى الضلالة كان عليه من الإثم مثلُ آثام من تَبِعَهُ لا ينقص ذالك من آثامهم شيئا (رواه مسلم عن أبي هريرة)


0 komentar : Post Yours! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.

Posting Komentar

 

statistik



free counters

About Me

Foto Saya
Pasir Pengaraian, Kab. Rokan Hulu.Riau, Indonesia
Kebutuhan Manusia Akan Ilmu, Melebihi Kebutuhannya Terhadap Makan Dan Minum (Imam Ahmad)
Copyright © 2012 Assunnahrokanhulu All Right Reserved
Distributed By Free Blogger Templates | Designed by MyBloggerBlog | Modified by Hang Puriah