Sabtu, 14 Juni 2014

KEUTAMAAM PUASA

0 komentar
place Google AdSense code here
     Allah tabaaroka wata’ala tidak sia-sia memerintahkan hambanya untuk melakukan suatu
amalan, melainkan didalam amalan tersebut pasti ada kelebihan ada keutamaan serta pelipat gandaan pahala. Seperti shodaqoh satu biji yang kita infakkan dijalan Allah akan menumbuhkan tujuh tangkai, dari tujuh tangkai itu akan menumbuhkan seratus biji itu pun masih dilipat gandakan oleh Allah bagi siapa yang dikehendakinya.

Firman Allah tabaaroka wata’ala QS. Al-Baqoroh: 261

261. perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.

[166] Pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.


     Demikian pula halnya ibadah puasa ia memilki keutamaan-keutamaan yang banyak serta mengiurkan pahalanya.

DIANTARA KEUTAMAAN PUASA
I.                    Puasa memiliki nilai khusus di hadapan Allah;
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim

كل عمل ابن آدم له الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف, يقول الله عزوجل " إلا الصيام فإنه لي وأنا أجزي به ترك شهوته وطعامه وشرابه من أجلي " للصائم فرحتان فرحة عند فطره وفرحة عند لقاء ربه ولحلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك.

Artinya: Setiap amalan bani Adam itu untuknya, satu kebaikan dilipat gandakan menjadi sepuluh hingga seratus kali lipat Allah Azzawwajalla berfirman “ kecuali puasa sesungguh nya dia milik-Ku dan Aku lah yang berhak membalasnya, dia telah meninggalkan syahwatnya, makan dan minumnya hanya karna Aku” bagi orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, bahagia saat berbuka dan bahagia pada saat berjumpa dengan Robb nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa jauh lebih harum disisi Allah dari pada minyak kasturi.

·         Puasa milik Allah tabaaroka Wata’ala  Dia biasa saja memberikan balasan lebih dari tujuh ratus kali lipat seperti yang disebutkan.
·         Bagi orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan
1.      Bahagia saat berbuka
2.      Bahagia saat berjumpa robbnya dengan membawa pahala puasa
·         Bau mulut orang yang sedang berpuasa harum disisi Allah dari pada bau minyak kasturi.

II.                  Dijauhkan wajahnya dari api neraka sejauh tujuh puluh tahun  perjalanan
           Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Abi sa’id al-khudhri. Radhiyallahu ‘Anhu:

ما من عبد يصوم يوما في سبيل الله إلا باعدالله بذالك اليوم وجحه النار سبعين خريفا.

Artinya: tidak lah seorang hamba berpuasa satu hari saja dijalan Allah tabaaroka Wata’ala  melainkan Allaah tabaaroka Wata’ala  akan jauhkan wajahnya dari api neraka sejauh tujuh puluh tahun perjalanan.

III.                Disaediakan untuknya pintu sorga yang bernama BAABU ROIYAAN.
            Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Bersabda dalam hadit yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari sahal bin sa’id  Radhiyallahu ‘Anhu:

إن في الجنة بابا يقال له " الريان" يدخل منه الصائمون يوم القيمة , لايدخل منه أحد غيرهم يقال أين الصائمون فيقومون لايدخل منه أحد غيرهم فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد.

Artinya: Sesungguhnya di sorga terdapat beberapa pintu, dikatakan “ BAABU ROIYAAN” yang masuk kedalamnya adalah orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti, tidak ada seorang pun yang masuk selain mereka, ditanya “ Mana mereka-mereka yang berpuasa? Maka berdirilah mereka yang berpuasa tidak ada seorang pun yang masuk selain mereka, apabila mereka sudah masuk semuanya maka dikuncilah (pintunya) tidak ada seorang pun masuk.

IV.               Orang yang melakukan puasa mendpat ampunan
              Rasulullah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dan Muslim
من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذ نبه

Artinya: Barang siapa yang melaksanakan puasa ramadhan dengan iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosanya yang telah berlalu.

V.                 Puasa  merupakan perisai
             Rasulullah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dan Muslim dari abu hurairah.r.a.
الصوم جنة , وإذا كان يوم صوم أحدكم فلا يرفث ولايصخب, فإن سابه أحد أوقاتله فليقل أني صائم
وفي رواية آخر للبخاري عن أبي هريرة أن رسول الله ( صلى الله عليه وسلم  ) قال" الصوم جنة فلا يرفث ولايجهل وإن مرؤ قاتله أوشا تمه فليقل: أني صائم مرتين
Artinya: Puasa itu adalah perisai, apabila salah seorang diantara kamu berpuasa maka janganlah ia melakukan hubungan suami istri, dan janganlah ia bertiriak, jika ia dicaci atau diajak saling berbunuhan maka hendaklah ia mengatakan “ sesungguhnya saya dalam keadaan berpuasa.
Dalam riwayat lain menurut Imam Bukhori dari Abi Hurairah bahwasanya Rasulullah shollallahu’alaihi wasallam bersabda, ”Puasa itu adalah perisai, apabila salah seorang diantara kamu berpuasa maka janganlah ia melakukan hubungan suami istri, dan janganlah iabertidak bidoh dan jika ia diajak saling berbunuhan atau dicaci maka hendaklah ia mengatakan “ sesungguhnya saya dalam keadaan berpuasa” dua kali

VI.               Puasa Pemberi Syafaat di Hari Kiamat
     Rasulullah saw. Bersabda:
الصيام والقرآن يَشفعان للعبد يوم القيامة يقول الصيام" أي ربّ منعته الطعامَ والشهواةَ بالنهار فشفّعني فيه ويقول القرآن منعته النوم بالليل فشفّعني فيه قال" فَيُشَفّعان [رواه أحمد,حاكم,عن عبدالله بن عمر بسند حسن]
Artinya: puasa dan Al-qur’an keduanya memberi syafaat bagi hamba pada hari kiamat nanti, pua baerkat,” ya…tuhanku aku telah melarangnya dari makan dan minum disiang hari maka izinkan lah aku memberi syafaat untuknya, dan Al-qur’an pun berkata, “aku telah melarangnya tidur dimalam hari maka izinkan lah aku memberi syafaat untuknya Allah berkata,” maka berikanlah oleh kalian berdua syafaat.


والله تعالى أعلم

0 komentar : Post Yours! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.

Posting Komentar

 

statistik



free counters

About Me

Foto Saya
Pasir Pengaraian, Kab. Rokan Hulu.Riau, Indonesia
Kebutuhan Manusia Akan Ilmu, Melebihi Kebutuhannya Terhadap Makan Dan Minum (Imam Ahmad)
Copyright © 2012 Assunnahrokanhulu All Right Reserved
Distributed By Free Blogger Templates | Designed by MyBloggerBlog | Modified by Hang Puriah