place Google AdSense code here
ٍSebelum kami jelaskan etika dalam berpuasa, terlebih dahulu kami mengingatkan kembali apa itu puasa secara lughowiyah dan istilahiyah.
الصوم في اللغة: الإمسا ك
والصطلاحا: الإمسا ك من أكل والشرب ومن المفطرات من طلوع الفجر الثاني إلى الغروب الشمس بالشرط
مخصوص وبأركان مخصوص بالنية لله تبارك وتعالى.
Secara lughowiyah puasa itu menahan.
Secara istilahiyah pauasa ialah menahan diri dari makan, minum dan dari segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar kedua sampai terbenamnya matahari dengan syarat dan rukun serta niat tertentu karna Allah subhanahu wataala.
ETIKA-ETIKA
DALAM BERPUASA
I.
NIAT KARNA ALLAH TABAROKA WATA’ALA
Firman Allah QS. az-zariyat: 56
56. dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya
mereka mengabdi kepada-Ku.
Firman Allah QS. al-baiyinah: 5
5. Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah
dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang
lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang
demikian Itulah agama yang lurus.
[1595]
Lurus berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah) dan jauh dari kesesatan.
Begitu besar pengaruh niat terhadap amal.
Berkata sebagian salaf “ Abdullah al-Mubarok
رب عمل صغير تعظمه النية ورب عمل كبير تصغره النية
Berapa banyak amal yang kelihatannya kecil menjadi besar dikarnakan niat yang tulus karna Allah, dan berapa banyak amal yang kelihatannya besar namun tidak bernilai dihapadan Allah disebabkan niat yang
melenceng.
·
Kisah wanita pelacur yang memberi minum seekor anjing
yang kehausan adalah amal yang sepele namun penuh dengan dengan keikhlasan
·
Kisah dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim
dari Abu hurairah tentang seorang laki-laki yang dilahat rosulullah
mondar-mandir didalam sorga hanya karna menyingkirkan duri dari tengah jalan.
ikhlas merupakan
syarat ditrimanya amal
Firman Allah QS.al-kahfi:
110
110.
Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, Maka hendaklah ia mengerjakan
amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat
kepada Tuhannya".
menserikatkan allah
dalam beramal akan menghapuskan nilai amal
Firman Allah QS.
al-an’am: 88
88.
seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan
yang telah mereka kerjakan.
Firman Allah QS.
az-zumar: 65
65.
dan Sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang
sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah
amalmu dan tentulah kamu Termasuk orang-orang yang merugi.
langkah-langkah
iblis dalam merusak niat dan tujuan
1. Melalui pintu riya
2. Melalui pintu sum’ah
3. Melalui pintu ujub
4. Melalui pintu takabbur
5. Dll
II.
ITTIBA’ ILA RRASUL
Firman Allah QS. ali Imron ayat: 31
31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah,
ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah
Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Rasulullah saw. Bersabda:
عَنْ أُمِّ
الْمُؤْمِنِيْنَ أُمِّ عَبْدِ اللهِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ :
قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله
عليه وسلم : مَنْ
أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ.[رواه البخاري
ومسلم ]
وفي رواية لمسلم : مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ
رَدٌّ
Dari Ummul Mu'minin Ummu Abdillah 'Aisyah Radhiyallahu 'anha dia berkata, bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam " Barangsiapa yang membuat perkara baru dalam urusan kami ini yang tidak berdasarkan perintah kami maka ia tertolak.
dalam riwayat Muslim " Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang bukan berdasarkan perintah kami maka ia tertolak
dalam riwayat Muslim " Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang bukan berdasarkan perintah kami maka ia tertolak
Berkata syeikhul Islam Ibnu Tamiyah didalam bukunya
yang berjudul “
al-‘Ubudiyah”
yang ditahqiq oleh ‘Ali
Hasan ‘Ali ‘Abdul Hamid hal (221-222) “ Inti agama ada dua pilar yaitu:
1. kita tidak beribadah kecuali hanya kepada Allah
2. kita tidak beribadah kecuali dengan apa yang
disyari’atkan
Hal yang demikian itu merupakan manifestasi (perwujudan
) dari makna syahadatain
·
Kisah
seseorang yang berpuasa pada zaman Rasulullah saw. Yang berdiri dibawah terik
mata hari, tidak duduk, maka Rasullah pun lewat dan memerintahkan untuk duduk
dan berlindung lalu melanjutkan puasanya.
·
Mengingatkan
bahaya bid’ah.
1. Amalan ditolak
2. Tidak mencicipi telaga rasulullah
3. Taubat nya tidak di terima jika tidak
meninggalkan bid’ahnya.
4. Sulit untuk bertaubat karna menganggap
amalannya sudah benar.
III. TIDAK MENDAHULUI ROMADHON DENGAN PUASA
SEHARI/DUA HARI UNTUK KEHATI-HATIAN DAN LATIHAN. Kecuali jika memang ia biasa
berpuasa: Seperti puasa senen-kamis dan puasa nazar/puasa qodho/kaffaroh dan
puasa nabi daud maka bertepatan diakhie bulan.
Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh
imam Bukhori dari Abi Hurairoh:
لا يتقدمن أحدكم رمضان بصوم يوم أويومين إلا أن يكون رجل يصوم صومه
فليصوم ذلك.
janganlah salah seorang diantara kamu mendahului ramadhan dengan satu hari berpuasa atau dua hari kecuali seseorang biasa perpuasa maka dia puasa.
IV.
MEMULAI PUASA DENGAN MELIHAT HILAL
DAN BERBUKA/BERHARI RAYA DENGAN MELIHATBHILAL/MENGGENAPKAN HITUNGAN SYA’BAN 30
HARI
عن ابن عمر( رضي الله
عنه ) قال: سمعت رسول الله ( صلى الله عليه وسلم ) يفول: إذا
رأيتموه فليصوموا وإذا رأيتموه فأفطروا فإن غمى عليكم فاقدرواله (متفق عليه)
رأيتموه فليصوموا وإذا رأيتموه فأفطروا فإن غمى عليكم فاقدرواله (متفق عليه)
ولمسلم : فإن أغمي
عليكم فاقدرواله ثلاثين
وللبخاري : فأكملوا
العدة ثلاثين/ فأكملوا العدة شعبان ثلاثين
صوموا لرؤيته وأفطروا
لرؤيته فإن غمى عليكم فأكملوا العدة (متفق عليه)
V.
TIDAK MEMULAI MENAHAN PUASA PADA WAKTU IMSAK
·
Ingant
kan kembali defenisi puasa secara istilahi
Firman Allah QS. al-baqoroh: 187
187. dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari
benang hitam, Yaitu fajar.
Rasulullah bersabda dalam hadits yang
diriwayatkan oleh imam Muslim dari ibn Umar r.a ia berkata:
كان لرسول الله ( صلى
الله عليه وسلم ) مؤذنان : بلال وإبن أم مكتوم
الأعمى, فقال رسول الله ( صلى الله عليه وسلم ) إن بلال يؤذن باليل فكلوا
وأشربوا حتى يؤذن ابن أم مكتوم.
·
Ingatkan
gunanya jadwal imsakiyah
·
Bertentangan
dengan firman Allah pada surat al-baqoroh ayat: 186
·
Bertentanga
dengan hadits sunnah memperlambat sahur
VI.
SELALU MENGULANGI NIYAT PADA MALAM HARI, ini
pendapat jumhur ulama : abu hanfah, as-syafi’i, daud ibnu rahawaih, ibnu
munzir.
rasulullah saw. bersabda yang diriwayatkan
oleh imam an-nasa-i, abu daud
من لم يبيت الصيام فبل طلوع الفجر فلا
صيام له
من لم يبيت الصيام من الليل فلا صيام
له
من لم يجمع الصيام قبل الفجر فلا صيام
له
VII.
TIDAK MENINGGALKAN SAHUR
Rasulullah saw. Bersabda:
تسحروا فإن في السحور
بركة (متفق عليه)
السحور أكلة بركة فلا
تدعوه ولو أن حدكم جرعة من ماء فإن الله وملائكته يصلون على متسحرين (رواه أحمد)
وفي صحيح المسلم عن
عمر ابن العاص ( رضي الله عنه ) أن رسول الله ( صلى الله عليه وسلم ) قال: فصل ما بين صيامنا وصيام
أهل الكتاب أكلة السحر(مسلم)
VIII.
MEMPERLAMBAT SAHUR DAN MEMPERCEPAT BERBUKA.
Rasulullah saw. Bersabda dalam hadits
yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari sahal bin sa’id.
لايزال الناس بخير
ماعجلوا الفطر
عن أبي هريرة فقال
رسول الله ( صلى الله عليه وسلم ) قال الله عزوجل: أحب عبادي
إليّ عجلهم الفطر (رواه الترمذي)
لايزال الدين الظاهرا
ما عجل الناس الفطر.
IX.
BERBUKA DENGAN KURMA/AIR PUTIH SERAYA
MENGUCAPKAN DO’A
Rasulullah saw. Bersabda dalam hadits
yang diriwayatkan oleh Imam yang lima.
إذا أفطر أحدكم
فليفطرعلى التمر فإن لم يجد فليفطرعلى الماء فإنه طهور.
Adapun do’anya sebagai berikut:
ذهب الظماء وابتلت
العروقوثبت الأجر إن شاء الله (رواه أبو داود)
X.
TETAP MENJALAKAN KEWAJIBAN SERTA
MENINGGAL PERKARA-PERKARA YANG DAPAT MENGURANGI NILAI PAHALA PUASA
Rasulullah saw. Bersabda dalam hadits
yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori
من لم يدع قول الزور
والعمل به فليس لله حاجة في أن يدع طعامه وشرابه.
كم من صائم ليس له من
صيامه إلا الجوع والعطس.
والله تعالى أعلم
0 komentar : Post Yours! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.
Posting Komentar