Minggu, 01 Juni 2014

ETIKA BERPUASA

0 komentar
place Google AdSense code here

ٍSebelum kami jelaskan etika dalam berpuasa, terlebih dahulu kami mengingatkan kembali apa itu puasa secara lughowiyah dan istilahiyah.



الصوم في اللغة: الإمسا ك
والصطلاحا: الإمسا ك من أكل والشرب ومن المفطرات من طلوع الفجر الثاني إلى الغروب الشمس بالشرط 
مخصوص وبأركان مخصوص بالنية لله تبارك وتعالى.

Secara lughowiyah puasa itu menahan.

Secara istilahiyah pauasa ialah menahan diri dari makan, minum dan dari segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar kedua sampai terbenamnya matahari dengan syarat dan rukun serta niat tertentu karna Allah subhanahu wataala.


ETIKA-ETIKA DALAM BERPUASA

I.                    NIAT KARNA ALLAH TABAROKA WATA’ALA
Firman Allah QS. az-zariyat: 56
   
56. dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
Firman Allah QS. al-baiyinah: 5

5. Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.

[1595] Lurus berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah) dan jauh dari kesesatan.

Begitu besar pengaruh niat terhadap amal. Berkata sebagian salaf “ Abdullah al-Mubarok

رب عمل صغير تعظمه النية ورب عمل كبير تصغره النية
Berapa banyak amal yang kelihatannya kecil menjadi besar dikarnakan niat yang tulus karna Allah, dan berapa banyak amal yang kelihatannya besar namun tidak bernilai dihapadan Allah disebabkan niat yang 
melenceng.
·         Kisah wanita pelacur yang memberi minum seekor anjing yang kehausan adalah amal yang sepele namun penuh dengan dengan keikhlasan
·         Kisah dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari Abu hurairah tentang seorang laki-laki yang dilahat rosulullah mondar-mandir didalam sorga hanya karna menyingkirkan duri dari tengah jalan.

ikhlas merupakan syarat ditrimanya amal

Firman Allah QS.al-kahfi: 110
110. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, Maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".

menserikatkan allah dalam beramal akan menghapuskan nilai amal
Firman Allah QS. al-an’am: 88
88. seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.

Firman Allah QS. az-zumar: 65
65. dan Sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu Termasuk orang-orang yang merugi.

langkah-langkah iblis dalam merusak niat dan tujuan
1.      Melalui pintu riya
2.      Melalui pintu sum’ah
3.      Melalui pintu ujub
4.      Melalui pintu takabbur
5.      Dll

II.                  ITTIBA’ ILA RRASUL
Firman Allah QS. ali Imron ayat: 31   
31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Rasulullah saw. Bersabda: 
عَنْ أُمِّ الْمُؤْمِنِيْنَ أُمِّ عَبْدِ اللهِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله          
عليه وسلم : مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ  رَدٌّ.[رواه البخاري ومسلم    
وفي رواية لمسلم : مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ 
Dari Ummul Mu'minin Ummu Abdillah 'Aisyah Radhiyallahu 'anha dia berkata, bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam " Barangsiapa yang membuat perkara baru dalam urusan kami ini yang tidak   berdasarkan perintah kami maka ia tertolak.   
dalam riwayat Muslim " Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang bukan berdasarkan perintah kami maka ia tertolak                 
Berkata syeikhul Islam Ibnu Tamiyah didalam bukunya yang berjudul “ al-‘Ubudiyah” yang ditahqiq oleh ‘Ali Hasan ‘Ali ‘Abdul Hamid hal (221-222) “ Inti agama ada dua pilar yaitu:
1. kita tidak beribadah kecuali hanya kepada Allah
2. kita tidak beribadah kecuali dengan apa yang disyari’atkan
Hal yang demikian itu merupakan manifestasi (perwujudan ) dari makna syahadatain

·         Kisah seseorang yang berpuasa pada zaman Rasulullah saw. Yang berdiri dibawah terik mata hari, tidak duduk, maka Rasullah pun lewat dan memerintahkan untuk duduk dan berlindung lalu melanjutkan puasanya.
·         Mengingatkan bahaya bid’ah.
1.      Amalan ditolak
2.      Tidak mencicipi telaga rasulullah
3.      Taubat nya tidak di terima jika tidak meninggalkan bid’ahnya.
4.      Sulit untuk bertaubat karna menganggap amalannya sudah benar.

III.    TIDAK MENDAHULUI ROMADHON DENGAN PUASA SEHARI/DUA HARI UNTUK KEHATI-HATIAN DAN LATIHAN. Kecuali jika memang ia biasa berpuasa: Seperti puasa senen-kamis dan puasa nazar/puasa qodho/kaffaroh dan puasa nabi daud maka bertepatan diakhie bulan.
Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dari Abi Hurairoh:
لا يتقدمن أحدكم رمضان بصوم يوم أويومين إلا أن يكون رجل يصوم صومه فليصوم ذلك.

janganlah salah seorang diantara kamu mendahului ramadhan dengan satu hari berpuasa atau dua hari kecuali seseorang biasa perpuasa maka dia puasa.

IV.               MEMULAI PUASA DENGAN MELIHAT HILAL DAN BERBUKA/BERHARI RAYA DENGAN MELIHATBHILAL/MENGGENAPKAN HITUNGAN SYA’BAN 30 HARI
عن ابن عمر( رضي الله عنه ) قال: سمعت رسول الله ( صلى الله عليه وسلم  )  يفول: إذا 
رأيتموه فليصوموا وإذا رأيتموه فأفطروا فإن غمى عليكم فاقدرواله (متفق عليه)


ولمسلم : فإن أغمي عليكم فاقدرواله ثلاثين
وللبخاري : فأكملوا العدة ثلاثين/ فأكملوا العدة شعبان ثلاثين

صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته فإن غمى عليكم فأكملوا العدة (متفق عليه)

V.                 TIDAK MEMULAI MENAHAN PUASA PADA WAKTU IMSAK
·         Ingant kan kembali defenisi puasa secara istilahi
Firman Allah QS. al-baqoroh: 187
187. dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar.
Rasulullah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari ibn Umar r.a ia berkata:
كان لرسول الله ( صلى الله عليه وسلم  )  مؤذنان : بلال وإبن أم مكتوم الأعمى, فقال رسول الله ( صلى الله عليه وسلم  )  إن بلال يؤذن باليل فكلوا وأشربوا حتى يؤذن ابن أم مكتوم.

·         Ingatkan gunanya jadwal imsakiyah
·         Bertentangan dengan firman Allah pada surat al-baqoroh ayat: 186
·         Bertentanga dengan hadits sunnah memperlambat sahur

VI.               SELALU MENGULANGI NIYAT PADA MALAM HARI, ini pendapat jumhur ulama : abu hanfah, as-syafi’i, daud ibnu rahawaih, ibnu munzir.
rasulullah saw. bersabda yang diriwayatkan oleh imam an-nasa-i, abu daud

من لم يبيت الصيام فبل طلوع الفجر فلا صيام له
من لم يبيت الصيام من الليل فلا صيام له
من لم يجمع الصيام قبل الفجر فلا صيام له

VII.             TIDAK MENINGGALKAN SAHUR
Rasulullah saw. Bersabda:
تسحروا فإن في السحور بركة (متفق عليه)
السحور أكلة بركة فلا تدعوه ولو أن حدكم جرعة من ماء فإن الله وملائكته يصلون على متسحرين (رواه أحمد)
وفي صحيح المسلم عن عمر ابن العاص ( رضي الله عنه ) أن رسول الله ( صلى الله عليه وسلم  )  قال: فصل ما بين صيامنا وصيام أهل الكتاب أكلة السحر(مسلم)

VIII.            MEMPERLAMBAT SAHUR DAN MEMPERCEPAT BERBUKA.
Rasulullah saw. Bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari sahal bin sa’id.
لايزال الناس بخير ماعجلوا الفطر
عن أبي هريرة فقال رسول الله ( صلى الله عليه وسلم  )  قال الله عزوجل: أحب عبادي إليّ عجلهم الفطر (رواه الترمذي)
لايزال الدين الظاهرا ما عجل الناس الفطر.

IX.                BERBUKA DENGAN KURMA/AIR PUTIH SERAYA MENGUCAPKAN DO’A
Rasulullah saw. Bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam yang lima.

إذا أفطر أحدكم فليفطرعلى التمر فإن لم يجد فليفطرعلى الماء فإنه طهور.

Adapun do’anya sebagai berikut:

ذهب الظماء وابتلت العروقوثبت الأجر إن شاء الله (رواه أبو داود)

X.                  TETAP MENJALAKAN KEWAJIBAN SERTA MENINGGAL PERKARA-PERKARA YANG DAPAT MENGURANGI NILAI PAHALA PUASA
Rasulullah saw. Bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori

من لم يدع قول الزور والعمل به فليس لله حاجة في أن يدع طعامه وشرابه.
كم من صائم ليس له من صيامه إلا الجوع والعطس.




والله تعالى أعلم

0 komentar : Post Yours! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.

Posting Komentar

 

statistik



free counters

About Me

Foto Saya
Pasir Pengaraian, Kab. Rokan Hulu.Riau, Indonesia
Kebutuhan Manusia Akan Ilmu, Melebihi Kebutuhannya Terhadap Makan Dan Minum (Imam Ahmad)
Copyright © 2012 Assunnahrokanhulu All Right Reserved
Distributed By Free Blogger Templates | Designed by MyBloggerBlog | Modified by Hang Puriah