place Google AdSense code here
KEUTAMAAN
10 HARI PERTAMA
BULAN
DZUL-HIJJAH &
AMALAN-AMALAN YANG SYARI’ATKAN
Syaikhul Islam dalam fatawanya 25/287 pernah
ditanya tentang mana yang lebih utama antara sepuluh hari (pertama) bulan
Dzul-hijjah ataukah sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan? Beliau menjawab, “
Siang hari sepuluh hari pertama bulan Dzul-hijjah lebih utama dari pada siang
hari sepuluh terakhir bulan ramadhan, dan sepuluh malam terakhir bulan ramadhan
lebih utama dari pada sepuluh malam pertama bulan dzul-hijjah.
KEUTAMAAN
MASING-MASING SEPULUH PERTAMA DAN SEPULUH TERAKHIR DZUL-HIJJAH DAN RAMADHAN.
I.
SEPULUH PERTAMA DZUL-HIJJAH
1. Ada hari
tarwiyah
2. Ada hari
‘arofah
3. Ada hari
nahar/qurban/’idul adhha
4. Ada
ayyaamut-tasyrik: hari melontar tiga jumroh kubro-wustho-suhgro dan hari masih
diperbolehkannya menyembelih hewan qurban.
II.
SEPULUH TERAKHIR RAMADHAN
1. Malam
lailatul qodr
2. Turnunya
al-qur’an
3. Turun para
malaikat
4. Malam-malamnya
penuh dengan keberkahan
5. Adanya
sunnah ‘itikaf
Dalil-dalil
tentang dimuliakanya sepuluh hari pertama bulan dzul-hijjah.
Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Bersabda:
عن ابن عباس رضي الله عنهما- قال: قال رسول الله صلى الله عليه
وسلم" ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام " يعني
: أيام العشر, قالوا يارسول الله: ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في
سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه, وماله, فلم يرجع من ذلك بشيءٍ [رواه البخاري]
Artinya:
dari ibnu ‘Abbas r.a dia berkata,” bersabda Rasulullahn saw. Tiada hari-hari
yang mana amal shlaeh lebih dicintai Allah melainkan hari-hari ini, ya’ni sepuluh
pertama dibulan dzul-hijjah. Para sahabat bertanya,” ya… Rasulullah, tidak juga
berjuang dijalan Allah? Beliau menjawab,” tidak juga berjuang dijalan Allah.
Kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya kemudian dia tidak
kembali dengan membawa sesuatu pun.
Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Bersabda:
عن ابن عمر رضي الله عنهما- عن النبي صلى الله عليه وسلم قال" ما
من أيام أعظم ولاأحب إلى الله العمل فيه من هذه الأيام العشر, فأكثر فيهنا من
التهليل والتكبير والتحميد [روه أجمد]
Artinya: dari
ibnu Umar r.a dari Nabi saw bersabda: Tiada hari-hari yang lebih agung dan
lebih dicintai Allah beramal padanay melainkan hari-hari sepuluh pertama
dibulan dzul-hijjah, maka perbanyaklah padanya tahlil dan takbir serta tahmid.
BEBERAPA
AMALAN YANG DISYARI’ATKAN PADA BULAN DZUL-HIJJAH
1. MELAKSANAKAN
IBADAH HAJI DAN UMROH.
Rasulullah
saw bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu hurairoh.
العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما, والحج المبرور ليس له جراء إلا
الجنه.
Artinya:
Umroh yang satu ke umroh yang berikutnya adalah sebagai pelebur dosa diantara
keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasannya kecuali syurga.
2. BERPUASA
SELAMA HARI-HARI TERSEBUT, ATAU PADA SEBAGINNYA TERUTAMA PADA HARI ‘AROFAH.
Tidak diragukan lagi bahwa puasa adalah
amalan yang paling utama dan yang dipilih Allah untuk dirinya. Sebagaimana
disebutkan dalam hadits kudsi.
فإنه لي وأنا أجزي به [رواه البخاري ومسلم]
Artinya: sesungguh nya dia milik-Ku dan Aku
lah yang berhak membalasnya,
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi
Wasallam. Juga menyebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan
Muslim dari Abi sa’id al-khudhri. Radhiyallahu ‘Anhu:
ما من عبد يصوم يوما في سبيل الله إلا باعدالله بذالك اليوم وجحه
النار سبعين خريفا [رواه البخاري ومسلم]
Artinya: tidak lah seorang hamba berpuasa
satu hari saja dijalan Allah tabaaroka Wata’ala
melainkan Allaah tabaaroka Wata’ala
akan jauhkan wajahnya dari api neraka sejauh tujuh puluh tahun
perjalanan.
DALIL YANG MENSYRI’ATKAN PUSA 9 HARI PERTAMA
كان رسول الله صلى
الله عليه وسلم يصوم تِسْعَ ذى الحجة [رواه أبوداود وصححه البانى]
Artinya:
adalah Rasulullah saw. Melakukan puasa Sembilan hari bulan dzul-hijjah
Jika tidak mampu maka
puasa sebagiannya saja, terutama hari arofah
DALIL YANG MENJELASKAN HARI ‘AROFAH
أفضل الأيام يوم عرفة.
Artinya:
seafdhol-afdol hari adalah hari ‘Arofah.
مامن يوم أكثرمن أن
يُعْتِقَ الله فيه عبدا من النارمن يوم عرفة, وإنه ليدنوثم يباهى بهمُ الملائكةَ
فيقول: ماأرادهؤلاء؟ [روه أجمد]
Artinya:
tidak ada hari dimana Allah lebih banyak membebaskan hambanya dari neraka dari
pada hari ‘arofah, dan sesungguhnya Dia mendekat dan membanggakan mereka di
hadapan para malaikat dan berkata: Apa yang mereka inginkan?
Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Bersabda:
عن أبي قتادة الأنصاريّ رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم
سئل عن صوم يوم عرفة, فقال: يكفر سنة الماضية والباقية [رواه ومسلم]
Artinya:
dari Abi Qatadah al-anshori r.a bahwasanya Rasulullah saw. Pernah ditanya
tentang puasa arofah, beliau menjawab,” puasa arofah itu menghapuskan dosa
setahun yang lalu dan setahun yang akan ating.
صيام يوم عرفة أحتسب على الله أن يكفرالسنة التى قبله والسنةَ التى
بعده [رواه ومسلم]
Artinya:
puasa hari ‘arofah aku harapkan dari Allah bias menghapuskan dosa setahun
sebelumnya dan setahun sesudahnay.
3. TAKBIR DAN
DZIKIR PADA HARI-HARI TERSEBUT.
Firman Allah
ta’ala.QS. al-haj: 28
(
28. dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah
ditentukan.
Para ahli tafsir menafsirkanya dengan
sepuluh hari dibulan dzul-hujjah. Karena itu para ulama menganjurkan untuk
memperbanyak dzikir pada hari-hari tersebut, berdasarkan hadits Ibnu Umar, yang
diriwayatkan oleh imam ahmad.
فأكثر فيهنا من
التهليل والتكبير والتحميد [روه أجمد]
Artinya: maka perbanyaklah padanya tahlil dan
takbir serta tahmid.
Ulama lain
menafsikan 5 BM»tBqè=÷è¨BQ$r&: yaitu pada
hari ke 10 dan hari-hari tarsyriq 11,12, 13 berdasarkan dalil takbir mutlaq dan
muqoiyad, Insya Allah akan dijelaskan nanti.
Imam Bukhori menuturkan; “Bahwa Ibnu Umar dan
Abu Hurairoh keluar kepasar pada sepuluh hari tersebut mengumandangkan takbir
lalu orang-orang pun mengikuti nya. Dan Ishaq Rohimahullah meriwayatkan dari
fuqoha’ tabi’in bahwa hari-hari ini mengucapkan:
الله أكبر- الله أكبر, لاإله إلا الله والله أكبر, ألله أكبرولله
الحمد
Dalam hal ini dianjurkan meninggikan/mengeraskan suara namu tetap
memperhatikan etika serta adab-adabnya sebagaimana firman Allah dalam QS.
al-baqoroh: 185.
185. dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya
yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
Catatan:
bertakbir masing-maisng tidak di pandu oleh imam/yang lain
4. TAUBAT SERTA
MENINGGALKAN SEGALA MAKSIAT DAN DOSA, SEHINGGA AKAN MENDAPATKAN AMPUNAN DAN
RAHMAT ALLAH.
Maksiat adalah penyebab tarjauhnya
terusirnya hamba dari Allah tabaaroka wata’ala, dan keta’atan adalah penyebab
dekat dan cinta kasih Allah kepadanya.
Rasulullah
saw. Bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari
Abu Hurairoh:
إن الله يَغارُ وغَيْرَةُ اللهِ أن يأتي المؤمن ماحرم الله
Artinya: Sesungguhnya
Allah itu cemburu , dan kecemburuan Allah itu manakala seorang hamba melakukan
apa yang diharamkan Allah.
5. BANYAK
BERAMAL SHOLEH.
Berupa
perkara-perkara sunnah seperti: sholat, sedekah, jihad, membaca Al-qur’an, amar
ma’ruf-nahi munkar dll. Sebab amalan-amalana tersebut pada hari-hari tersebut
dilipatgandakan pahalanya, bahkan amaln yang tidak utamapun jika dilakukan pada
hari itu akan menjadi utama.
6. DISYARI’ATKAN
PADA HARI-HARI ITU DUA BENTUK
1. TAKBIR
MUTHLAQ. Yaitu: Takbir yang dilakukan pada setiap saat, siang atau pun malam
sampai sholat ‘id
2. TAKBIR
MUQOYYAD. Yaitu: Takbir yang dilakukan setiap usai sholat fardhu yang
dilaksanakan dengan berjamaah, bagi selain jama’ah haji dimulai sejak zuhur
hari raya qurban sampai waktu ‘ashar hari-hari tasyriq.
7. MELAKSANAKAN
SHOLAT ‘IDUL ADHA DAN MENDENGARKAN KHUTBAHNYA.
Petunjuk
Nabi dalam msalah sholat ‘id ini seperti apa yang dituturkan al-Imam Ibnu
qoiyyim Rohimahullahu taala dalam kitabnya zazdul ma’ad:
1- Nabi sholat
dilapangan dengan mengenakkan baju yang terbaiknya
2- Beliau tidak
makan kurma sebelum berangkat seperti halnya sholat ‘idul fitri, hanya saja
setelah sholat beliau makan dari daging hewan qurbannya.
3- Beliau
mengakhirkan waktu pelaksanaan sholat ‘idul fitri dan menyegerakan pelaksanaan
sholat ‘idul adha.
4- Beliau
keluar menuju tempat sholat dengan berjalan kaki, beliau bembawa tongkat
apabila sudah sampai ketempat sholat beliau menancapkannya,sholat menghadapnya
5- beliau memulai sholat ‘idul adha tanpa adzan
dan iqomah, begitu pula halnya sholat ‘idul fitri. tidak pula mengatakan
assholatu jaami’ah.
6- Beliau dan
shohabat tidak pernah melakukan sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah baik sholat
‘idul fitri maupun sholat ‘idul adha.
7- Beliau
memulai sholat terlebih dahulu sebelum khutbah.
8- Beliau
sholat dua roka’at, roka’at pertama beliau bertakbir tujuh kali secara
berurutan dengan takbirotuk ihrom.
9- Beliau diam
setiap antara dua takbir dan tidak dihafalkan dzikir-dzikir tertentu diatara
takbir-takbir.
10- Apabila
sudah sempurna takbir beliau membaca ( alfatihah dan surat) surat yang biasa
beliau baca untuk sholat ini surat Qof
dan Iqtarobat / Al-qomar atau sabbaha dan al-ghosyiyah begitu juga
sholat ‘idul fitri. bila sudah selesai beliaupun bertakbir untuk ruku’.
Kemudian roka’at kedua beliau bertakbir limakali secara berurutan kemudian
membaca ( alfatihah dan surat)
11- Beliau
berkhutbah diatas tanah dan tidak ada disana mimbar
12- Beliau
memberikan keringanan tidak adanya duduk untuk khutbah, dan memcukupkan sholat
‘id dari sholat jum’at jika keduanya bertepatan.
13- Baliu
mengambil jalan yang berbeda ketika pulang.
8. BERQURBAN
PADA HARI RAYA QURBAN DAN HARI-HARI TASYRIQ.
Hal ini merupakan sunnah Nabi Ibrohim
yakni ketika Allah menebus putranya dengan sembelihan yang agung
0 komentar : Post Yours! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.
Posting Komentar